Penyusunan Indikator Kuesioner

INDIKATOR DAN INSTRUMEN

IKLIM ORGANISASI
Indikator Deskriptor
Dimensi Psikologikal (X1) Beban kerja
Otonomi
Pemenuhan diri
Perkembangan diri.
Dimensi Struktural (X2) Lingkungan fisik kerja
Suara
Keserasian alat kerja
Dimensi Sosial (X3) Interaksi dengan klien
Rekan kerja
Penyelia.
Dimensi Birokratik (X4) Administrasi pekerjaan
Peraturan-peraturan
Konflik peranan
Kejelasan peranan.
Sumber: Pines, A. 1982. Changing organizations : Is work environment
without burnout an impossible goal ? In W. Paine (ed), Job stress and burnout.
Beverly Hills, CA : Sage.

KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA
Kepemimpinan
Kepemimpinan berorientasi karyawan/consideration (X1)
– Persahabatan
– Saling mempercayai
– Hubungan pemimpin dan bawahan

Kepemimpinan berorientasi tugas/initiating structure (X2)
– Menentukan hubungan
– Menetapkan pola dan saluran komunikasi
– Menguraikan rincian pekerjaan

Kepuasan Kerja (Y)
– Kondisi pekerjaan
– Hubungan rekan kerja
– Supervisi/pengawasan
– Prestasi/karir
– Kompensasi

Sumber:
– Kepemimpinan: Least Preferred Coworker, Buku Gibson, James L., Ivancevich,
Jhon M., dan Donnely Jr., James H. 1992. Organisasi dan Manajemen: Perilaku. Struktur dan Proses. Penerjemah: Djoerban Wahid. Penerbit Erlangga. Jakarta.
– Kepuasan Kerja: Job Description Index, Buku Anwar Prabu Mangkunegara,
Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung, Penerbit Rosdakarya,2000.

PENILAIAN KINERJA KARYAWAN
1. Kualitas kerja (mengacu pada akurasi dan marjin kesalahan)
2. Kuantitas kerja (mengacu pada jumlah produksi atau hasil)
3. Ketepatan waktu (mengacu pada penyelesaian tugas, dalam waktu yang diperkenankan)
4. Kehadiran dan ketepatan waktu (mengacu pada ketaatan jadwal kerja)
5. Tanggung jawab (mengacu pada penyelesaian tugas dan proyek)
6. Kerja sama dengan yang lain (Mengacu pada kerja sama dan komunikasi dengan penyelia dan rekan kerja)
Sumber: “Formulir Penilaian Kinerja Karyawan” dari Buku Manajemen Sumber Daya Manusia Menghadapi Abad ke-21, Edisi Ke Enam jilid 2, Randall S. Schuler dan Susan E. Jackson, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1996, hal. 81-82.

PENILAIAN KINERJA KARYAWAN
1. Kualitas Kerja: Ketepatan, ketelitian, keterampilan, kebersihan:
2. kuantitas kerja: output, perlu diperhatikan uga bukan hanya output tetapi juga seberapa cepat bisa menyelesaikan kerja extra:
3. Dapat tidaknya diandalkan: mengikuti instruksi, inisiatif, hati-hati, kerajinan:
4. Sikap: sikap terhadap perusahaan pegawai lain dan pekerjaan serta kerja sama:
Sumber: “Formulir Penilaian Prestasi Kerja (Kinerja)”, Buku Manajemen Sumber Daya Manusia, A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, Bandung, Penerbit Rosdakarya, 2000, hal. 75

PENILAIAN KINERJA
1. Kapasitas:
• Kemauan
• Usia
• Kesehatan
• Pengetahuan
• Keterampilan
• Intelegensi
• Keterampilan Motorik
• Tingkat Pendidikan
• Daya Tahan
• Stamina
• Tingkat Energi
2. Kemauan
• Motivasi
• Kepuasan Kerja
• Status Pekerjaan
• Kecemasan
• Legitimasi
• Partisipasi
• Sikap
• Persepsi Atas Karakteristik Tugas
• Keterlibatan Kerja
• Keterlibatan Ego
• Citra Diri
• Kepribadian
• Norma
• Nilai
• Persepsi Atas Ekpektasi Peran
• Rasa Keadilan
3. Kesempatan
• Piranti
• Peralatan
• Material
• Kondisi Kerja
• Tindakan Kerja
• Perilaku Pimpinan
• Mentorisme
• Kebijakan
• Peraturan dan Prosedur Organisasi
• Informasi
• Waktu
• Gaji
Sumber: M. Blumberg dan C.D. Pringle, The Missing Opportunity in Organizational Research: Some Implications for a Theory of Work Performance, Academy of Management Review, 1982, hal. 562 dan 565 dalam Jiewell dan Siegall (1998). Psikologi Industri/Organisasi Modern, Jakarta: Archan, hal. 207.

GAYA KEPEMIMPINAN, SITUASI KEPEMIMPINAN,
DAN IKLIM KERJA ORGANISASI
Situasi Kepemimpinan
• Hubungan pimpinan dengan anggota
• Tugas pimpinan
• Kekuasaan/power dari pemimpin
Gaya Kepemimpinan
• Otonomi dan fleksibilitas
• Menaruh kepercayaan dan terbuka
• Simpatik dan memberi dukungan
• Jujur dan menghargai
• Kejelasan tujuan
• Pekerjaan yang beresiko
• Pertumbuhan kepribadian
Otoritas Kepemimpinan
• Otonomi dan fleksibilitas
• Menaruh kepercayaan dan terbuka
• Simpatik dan memberi dukungan
• Jujur dan menghargai
• Kejelasan tujuan
• Pekerjaan yang beresiko
• Pertumbuhan kepribadian
Sumber: Metode Penelitian Bisnis. Bandung, Alfabeta, Sugiyono, 1999, hal. 101

LINGKUNGAN KERJA FISIK
Indikator Deskriptor
Suhu di tempat kerja Arus udara
Kesejukan
Penerangan di tempat kerja Jumlah sumber cahaya
Penempatan sumber cahaya
Kebisingan di tempat kerja Peredaman/pengurangan unsur kebisingan
Ketenangan dari unsur kebisingan
Arsitektur & penampilan tempat kerja Penataan letak tempat kerja/pembagian kerja
Pengaturan peralatan/fasilitas kerja
Sumber: Diadaptasi dari Jewel, L.N. dan Mark Siegall. Psikologi Industri/Organisasi Modern. Jakarta: Archan. hal. 293-303

TINGKAT STRESS
Indikator Deskriptor
Subjektif Kegelisahan
Kekecewaan
Perilaku Mudah terkena kecelakaan
Peledakan emosi
Kognitif Tidak mampu mengambil keputusan sehat
Kurang dapat berkonsentrasi
Fisiologi Tekanan darah naik
Mudah berkeringat
Organisasi Produktivitas rendah
Ketidakpuasan kerja
Sumber: Diadaptasi dari Gibson, James L. et al. 1992. Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur, Proses. Yogyakarta: Erlangga. hal. 165-166
TINGKAT STRESS
Di Pekerjaan
– Mengalami lebih banyak kecelakaan dari pada biasanya
– Tidak menepati batas waktu akhir, pertemuan dan perjanjian yang lain
– Membuat kesalahan yang ceroboh
– Mengalami kesukaran dalam mengambil keputusan
– Kuantitas dan atau kualitas kerja menurun
– Kerja terlambat atau lebih “obsesi” dari pada biasanya
– Pidato dan atau laporan tertulis kualitasnya kabur dan terputus-putus
Dengan Rekan Sekerja
– Kelihatannya kehilangan rasa humor
– Menampilkan kemarahan, permusuhan dan sikap yang meledak-ledak
– Mengalami kesukaran dalam berkomunikasi dan bergaul dengan orang lain
– Memperlihatkan sikap irasional dan kurang percaya kepada rekan sekerja yang berlebihan
Pribadi
– Biasanya lelah, dan kelihatannya sukar “beristirahat”
– Apatis terhadap kehidupan, tidak berminat terhadap apapun
– Seringkali merasa sakit dan hampir sakit
Sumber: Dari berbagai macam sumber, termasuk J.M. Ivancevich Dan M.T. Matteson, Employee Claims for Damages ad to The High Cost Of Job Stress, Manajemen Review, 1983, hal. 9-13 dalam Jewel, L.N. dan Mark Siegall. Psikologi Industri/Organisasi Modern. Jakarta: Archan.

MOTIVASI BERPRESTASI
1. Memiliki tingkat tanggung jawab pribadi yang tinggi
2. Berani mengambil dan memikul resiko
3. Memiliki tujuan yang realistis
4. Memiliki rencana kerja yang menyeluruh dan berjuang untuk merealisasi tujuan
5. Memanfaatkan umpan balik yang konkret dalam semua kegiatan yang dilakukan
6. Mencari kesempatan untuk merealisasikan rencana yang telah diprogramkan
Sumber: “Karakteristik Motivasi Berprestasi” dari David C. McClelland, dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, Bandung, Penerbit Rosdakarya, 2000, hal. 75

MOTIVASI BERPRESTASI
1. Melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya
2. Melakukan sesuatu untuk mencapai kesuksesan
3. Menyelesaikan tugas-tugas yang memerlukan usaha dan keterampilan
4. Berkeinginan menjadi orang terkenal atau menguasai bidang tertentu
5. Melakukan pekerjaan yang sukar dengan hasil yang memuaskan
6. Mengerjakan sesuatu yang sangat berarti
7. Melakukan sesuatu yang lebih baik dari orang lain
8. Menulis novel atau cerita yang bermutu
Sumber: “Karakteristik Motivasi Berprestasi” dari Edward Murray, dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, Bandung, Penerbit Rosdakarya, 2000, hal. 75

MOTIVASI BERPRESTASI
1. Kerja keras
2. Orientasi masa depan
3. Tingkat cita-cita yang tinggi
4. Orientasi tugas/sasaran
5. Usaha untuk maju
6. Ketekunan
7. Rekan kerja yang dipilih oleh para ahli
8. Pemanfaatan waktu
Sumber: “Formulir Penilaian untuk Daftar Pertanyaan mengenai Motivasi Berprestasi” Pertanyaan, dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, Bandung, Penerbit Rosdakarya, 2000, hal. 111

PENDIDIKAN DAN LATIHAN (PENGEMBANGAN)
1. Sasaran pengembangan
2. Kurikulum pengembangan
3. Sarana pengembangan
4. Peserta
5. Pelatih
6. Pelaksanaan
Sumber: Malayu SP. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia: Dasar dan Kunci Keberhasilan Jakarta, Gunung Agung, hal. 83-84

DISIPLIN
Ketaatan waktu
Ketaatan proses kerja
Ketaatan hasil kerja
Sumber: Diadaptasi dari Malayu SP. Hasibuan, 1997, Manajemen Sumber Daya
Manusia: Dasar dan Kunci Keberhasilan, Jakarta: Gunung Agung, hal. 213.

KOMUNIKASI
1. Keterbukaan (openness)
2. Empati (empathy)
3. Dukungan (support)
4. Rasa positif (positiveness)
5. Kesamaan (equality)
Sumber: – A.W. Widjaja. 1990. Kelembagaan dan Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta
hlm/ 139
– Miftah Thoha. 2000. Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hlm. 166

KINERJA
Kualitas Kerja: Ketepatan, ketelitian, keterampilan, kebersihan
kuantitas kerja: output, perlu diperhatikan uga bukan hanya output tetapi juga seberapa cepat bisa
Dapat tidaknya diandalkan: mengikuti instruksi, inisiatif, hati-hati, kerajinan
Sikap: sikap terhadap perusahaan pegawai lain dan pekerjaan serta kerja sama
Sumber: A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung, Penerbit Rosdakarya, 2000, hal. 75

SEMANGAT KERJA
1. Saya berangkat kerja dengan hati yang tidak mantap:
a. Sangat sering b. Sering c. Kadang-kadang d. Jarang e. Tidak pernah
2. Saya memikirkan cara agar hasil kerja saya menjadi lebih baik:
a. Sangat sering b. Sering c. Kadang-kadang d. Jarang e. Tidak pernah
3. Kadang-kadang saya jengkel dengan pekerjaan saya di sini
a. Sangat sering b. Sering c. Kadang-kadang d. Jarang e. Tidak pernah
4. Saya tidak pernah berpikir untuk pindah kerja ke tempat lain
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
5. Sebelum bekerja, fikiran saya sulit untuk terpusat pada pekerjaan
a. Sangat sering b. Sering c. Kadang-kadang d. Jarang e. Tidak pernah
6. Ada rasa puas dalam hati bila pekerjaan saya selesai tepat pada waktunya
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
7. Kalau dapat saya lebih suka mengerjakan pekerjaan lain
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
8. Saya merasa bahwa teman-teman di sini tidak dapat diajak bekerja sama
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
9. Saya menyenangi pekerjaan saya di sini
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
10. Saya percaya bahwa teman-teman di sini memahami saya
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
11. Saya merasa seakan-akan pekerjaan saya di sini merupakan bagian dari hidup saya
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
12. Saya berangkat kerja dengan hati gembira
a. Sangat sering b. Sering c. Kadang-kadang d. Jarang e. Tidak pernah
13. Dengan imbalan yang saya peroleh sekarang ini saya tidak merasa perlu untuk bekerja dengan lebih baik
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
14. Ada saling pengertian di antara teman-teman sekerja di sini
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
15. Saya merasa bahwa saya menghayati pekerjaan saya
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
16. Saya berusaha datang ke tempat kerja lebih awal dari waktu yang telah ditentukan
a. Sangat sering b. Sering c. Kadang-kadang d. Jarang e. Tidak pernah
17. Saya tidak percaya bahwa saya dapat bekerja lebih baik lagi
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
18. Setiap kali menghadapi pekerjaan di sini saya merasa tertekan
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
19. Saya merasa bahagia dengan pekerjaan saya
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
20. Saya merasa cocok terhadap teman sekerja di sini
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
21. Saya memeriksa peralatan kerja saya dengan teliti sebelum bekerja/berangkat kerja
a. Sangat sering b. Sering c. Kadang-kadang d. Jarang e. Tidak pernah
22. Ada perasaan puas bila hasil pekerjaan saya mutunya lebih baik
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
23. Saya mudah marah apabila sedang bekerja
a. Sangat sering b. Sering c. Kadang-kadang d. Jarang e. Tidak pernah
24. Saya bangga dengan pekerjaan saya
a. Sangat setuju b. Setuju c. Tidak berpendapat d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju
Sumber: Saifuddin Azwar. (2002). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. hal. 180-184. Penulisan Item Didasarkan pada konsep mengenai dimensi semangat kerja yang dikemukakan Blurn, yaitu:
– Sedikitnya perilaku yang agresif yang menimbulkan frustasi
– Individu bekerja dengan suatu perasaan bahagia dan perasaan lain yang menyenangkan
– Individu dapat menyesuaikan diri dengan teman-teman sekerjanya secara baik
– Egonya sangat terlibat dalam pekerjaannya

59 responses to this post.

  1. Posted by supriyanto on April 22, 2009 at 2:11 pm

    angket motivasi kerja teori Mc.clelland, minta dunk

  2. Posted by hermin2008ump on April 23, 2009 at 8:51 am

    motivasi Mc Clelland ada di buku survai diagnosis organisaional karangan fuad mas’ud.
    banyak/lengkap.tdk mungkin saya tulis di blog ini.

  3. Posted by nurul on April 27, 2009 at 8:44 am

    mo tanya kalo indikator kemampuan kerja dan persepsi peran apa aja y?kalo bisa mohon dikirim k email saya : kamisama_nurul@yahoo.com sebelumnya terima kasih.

  4. Posted by hermin2008ump on April 28, 2009 at 7:02 am

    kmp kerja maksudnya kompetensi?persepsi peran maksudnya bgm ? apa ini malah psikologi? maaf baru dengar.
    di buku survai diagnosis organisasional karg fuad mas’ud, kuesner ada 200 an.kok gak ada yg anda maksud ya? padahal tuh kues stdr internasional.

  5. Posted by lucy on Juni 1, 2009 at 8:48 am

    Pak…saya mahasiswa program magister manajemen prodi manajemen sumber daya manusia….minta tolong dibantu bagaimana dan dimana saya bisa mendapatkan buku Survey Diagnosis Organisasi karangan Fuad Mas’ud…atas infonya saya ucapkan terima kasih

  6. Posted by hermin2008ump on Juni 5, 2009 at 9:50 am

    buku dpt diperoleh di UNDIP atau MSi Unsoed.Cuma utk Unsoed kdg habis/laris.Unsoed ambil bukunya dr UNDIP.krn penerbitnya UNDIP.gk tahu apa sdh ada di toko ato blm.

  7. Posted by putri on Juli 1, 2009 at 11:12 am

    kalo konflik peran dimensinya ada di buku apa yah?

  8. Posted by Janti on Juli 25, 2009 at 10:11 am

    mau minta indikator motivasi kerja donk..
    judul skripsi saya pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan..
    mohon di carikan yang bertautan dgn ketiga variabel tersebut..
    sekalian saya mau menyusun kuesioner..
    terimakasih atas bantuannya

  9. Posted by ahmad riyadi on September 5, 2009 at 1:48 am

    Simple, lugas dan memadai…Lanjutkan. Apa sich indikator dan atas dasar teori siapa penyusunan SKALA SIKAP/ KUESIONER SEMANGAT KERJA yang Bapak susun?? Mohon bantuan n info segera karena saya perlu buanggeettt Pa’..jk ndak keberatan mohon lewat Email saya az (ahmadriyadi70@yahoo.com). trims sebelumnya. Apa saya bisa beli buku Diagnosis Organisasional By Fuad Mas’ud tsb via Bapak az krn saya dKab. Kotabaru (KALSEL), pasti susah dapat buku seperti itu?? Mohon bantuannya. Sukses selalu Pak.

  10. Posted by hermin2008ump on September 5, 2009 at 10:48 pm

    Definisi Indikator:
    ukuran tidak langsung, mengindikasikan
    suatu kondisi, keadaan, atau peristiwa.
    semangat kerja memang sya blm menemukan dasar teori yg kuat.yg sy tampilkan itu sy dpt dr suatu situs web tp saya lupa.kebetulan almt webnya di hardis saya yg rusak.
    buku dpt menghubungi (ditanyakan) ke bpk suliyanto jayakrama. Anda dpt berhubungan dg beliau via Facebook. trmksh.

  11. Posted by putri on September 8, 2009 at 2:14 pm

    kalo konflik peran tunggal (bkn work family conflict) di buku itu ada ga ya?
    bukunya di Widya Puraya bukan?lantai brp?

  12. Posted by hermin2008ump on September 9, 2009 at 6:34 am

    di buku survai diagnosis organisasional karg fuad mas’ud UNDIP adanya konflik pekerjaan-keluarga.

  13. Posted by hermin2008ump on September 9, 2009 at 6:39 am

    motivasi tergantung mau pakai teorinya siapa.kan ada byk teori.
    cth2 kuesioner motivasi di buku survai diagnosis organisasional karg fuad mas’ud UNDIP.
    kompensasi juga ada dua finansial dan non finansial. kuesioner ttg tunjangan ada di buku riset SDM karg istijanto.
    Gramedia. trmksh kembali.

  14. Posted by william halim on Oktober 8, 2009 at 4:46 pm

    mo tanya kalo indikator tentang konflik kerja ada gak? judul sy analisis pengaruh konflik kerja terhadap knerja karyawan….
    mohon bantuannya……. :)
    thanks b4

  15. Posted by hermin2008ump on Januari 21, 2010 at 10:06 am

    saya belum menemukan.

  16. Posted by agus nurhadi on April 12, 2010 at 1:26 pm

    pak, saya sedang mengerjakan tugas akhir mengenai analisis faktor lingkungan kerja pada suatu instansi, namun saya terkendala dengan terbatasnya teori-teori pendukung-nya, sehingga saya mengalami kesulitan dalam membuat kuesioner…teori yang ada hanya dari Alex Nitisemito…mohon kiranya bantuan pencerahan dari bapak…terima kasih…

  17. Aku mau minta tolong,….aku lagi cari indikator konflik keluarga-pekerjaan, dan aku bakal berterimakasih banget kalo Bapak sudi mengirimkannya lewat e-mail ku, tryusnita@yahoo.com.
    Ditunggu, ya Pak. terimakasih sebelumnya.

  18. Posted by setyo ajie wicaksono on Juni 29, 2010 at 8:23 am

    Saya mau cari dimensi-dimensi motivasi, saya sudah baca bukunya Fuad Mas’ud (2004) judulnya Survai Diagnosis Organisasional : Konsep dan Aplikasi terbitan BPFE UNDIP, hasilnya ada 6 dimensi motivasi yaitu prestasi kerja, pengaruh, pengendalian, ketergantungan, perluasan, dan afiliasi. Tetapi tidak ada penjelasan/pengertian dari keenam dimensi tersebut. Saya minta tolong, apa sih pengertian dari keenam dimensi tersebut??
    Trima kasih banyak ya.

  19. Posted by hermin2008ump on Juli 2, 2010 at 3:52 pm

    lingkungan kerja maksudnya lingk secara fisik (ruangan, AC dll) ?
    bgm jika diganti dg iklim organisasi. sepertinya lebih byk cth2 kuesionernya. jk blm menemukan teori yg kuat, boleh memakai hasil riset org lain.
    trmksh kembali

  20. Posted by hermin2008ump on Juli 2, 2010 at 3:58 pm

    setyo ajie:
    kebetulan sy jg blm dpt ilmunya.cuma jk utk riset,kita sebaiknya pilih teori sesuai kondisi objek riset.apakah di sana ada motivasi a,b,c,d dll atau tidak. Dlm buku tsb memang hanya berisi kumpulan kuesioner sj (tapi kemungkinan sdh teruji). jk sy sdh dpt ilmunya, akan sy usahakan tuk kabari setyo.
    trmksh kembali

  21. Posted by setyo ajie wicaksono on Juli 3, 2010 at 11:57 am

    Baik terima kasih pak Hermin. Saya tunggu ya pak pengertian dari prestasi kerja, pengaruh, pengendalian, ketergantungan, perluasan, dan afiliasi yang ada dalam buku Fuad Mas’ud. Saya sudah cari banyak buku tetapi belum dapat juga.

  22. Posted by sensen on September 2, 2010 at 7:11 am

    pak mau tanya..saya bingung mengartikan apa itu dimensi dan apa itu aspek?berbedakah atau sama trus yag menjadikan kekhasan ciri masing2 apa ya….sebelumnya makasih banyak…

  23. Posted by hermin2008ump on Oktober 7, 2010 at 3:27 pm

    dimensi berarti parameter atau pengukuran yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sifat-sifat suatu objek

  24. Posted by hermin2008ump on Oktober 7, 2010 at 7:11 pm

    di dalam konteks riset kuantitatif…. dimensi adalah bagian dari konsep. dan dimensi terdiri dari beberap indikator. nama lain dari dimensi adalah konstruk.
    urutannya adalah konsep -> dimensi/konstruk -> indikator.
    contoh: komitmen organisasional -> komitmen afektif, komitmen kontinuan, dan komitmen normatif -> masing-masing ketiga dimensi komitmen ini terdiri dari berbagai indikator untuk mengukurnya.

    note: dimensi/konstruk memiliki konsekuensi pengukuran, aspek tidak ada kaitannya dengan pengukuran, itu hanya sebagai bagian dari suatu hal saja

  25. Posted by trisuk on Januari 5, 2011 at 1:07 pm

    pak, saya mau tanya. sebenarnya saya ingin mencari buku dari Fuad Mas’ud..tpi masih jarang…krn laris..
    judul sy ada 3 variabel; x1:pengalaman praktik kerja industri,x2:bimbingan karir kejuruan, dan Y:Kesiapan Kerja..
    dilihat dari penelitian yg relevan saya sudah sdikit mndptkan indikator yg variabel X1 dan Y…tapi untuk variabel X2:bimbingan karir kejuruan..belum saya dapatkan…
    yang ingin saya tanyakan indikator tentang bimbingan karir kejuruan itu apa saja ya pak?
    mohon bantuannya……. :)
    oh ya, misal saya mau download buku Fuad Mas’ud kug gak ada ya pak? masalahnya carinya sulit
    atas bantuannya tri ucapin makasih

  26. Posted by opie on Januari 17, 2011 at 5:13 am

    di undip di mana bisa mendapatkan bukunya? apa d perjual belikan?

  27. Posted by ludy on Februari 17, 2011 at 3:57 am

    ada buku penyusunan kuesioner beban kerja perawat ga??

  28. Posted by hermin2008ump on Februari 28, 2011 at 10:09 am

    sampai saat ini belum pernah lihat di toko buku.

  29. Posted by hermin2008ump on Februari 28, 2011 at 10:11 am

    di perjual belikan.
    mungkin di fak ekonomi.saya beli di Purwokerto lewat teman yg kuliah di UNDIP thn lalu.

  30. Posted by hermin2008ump on Februari 28, 2011 at 10:13 am

    saya belum pernah dapat teori yg spt itu.jika ada, saya usahakan sy kirim ke email mbak rita.

  31. Posted by ade on Maret 17, 2011 at 1:22 am

    “komitmen organisasional -> komitmen afektif, komitmen kontinuan, dan komitmen normatif -> masing-masing ketiga dimensi komitmen ini terdiri dari berbagai indikator untuk mengukurnya.”

    apa indikator dari ketiga dimensi komitmen ini masing2?

  32. Posted by dellahae on Agustus 1, 2011 at 4:17 am

    siang pak, saya mau tanya kl indikator motivasi itu apa aja yah selain dari teori2 motivasi yang ada?dosen pembimbing saya bilang cari yang baru dari jurnal-jurnal,tapi saya belum dapat. apa bapak ada referensi jurnal mengenai indikator motivasi? terimakasih pak..

  33. Posted by iwan on September 28, 2011 at 8:16 am

    Ada gak kuesioner yang sudah bapak standarkan, bisa diperoleh dimana?

  34. pak sy lg bingung ttg indikator motivasi terhadap kinerja karyawan apa ya?, lalu ada variabel moderat atau variabel antara pak?..

  35. Mohon rekomendasi’a untuk buku yang ada indikator stres kerja, terimakasih.

  36. Posted by budi pw on Mei 7, 2012 at 11:00 pm

    ass pak saya mencari indikator konflim peran ganda , kalo ada di buku , bukunya apa dan kalo bapak punya boleh minta ? mtr nuwun

  37. Posted by hermin2008ump on Mei 17, 2012 at 11:45 am

    kalo gak salah ada di buku survey diagnosis organisasional.undip press.tapi tdk ada di gramedia

  38. Posted by hermin2008ump on Mei 17, 2012 at 11:48 am

    saya daapt dari web juga.tapi maaf lupa almt webnya.trmkh

  39. Posted by hermin2008ump on Mei 17, 2012 at 11:49 am

    coba di buku survey diagnosis organisasional.tapi tdk ada di gramedia.coba di togamas.kdg ada walo cuma dua.

  40. Posted by hermin2008ump on Mei 17, 2012 at 11:50 am

    coba di buku survey diagnosis organisasional.

  41. Posted by hermin2008ump on Mei 17, 2012 at 11:52 am

    wkumusalam.peran ganda maksudnya yg bgm ya ? agar persepsi kita sama.trmksh

  42. Posted by hermin2008ump on Mei 17, 2012 at 11:54 am

    ada berbagai macam teori motivasi.coba cari dulu/pilih yg sesuai dg riset anda agar indikator yg dipakai cocok dg tujuan riset. var moderating dpt di cari di jurnal-jurnal terkait.trmksh

  43. Posted by hermin2008ump on Mei 17, 2012 at 12:00 pm

    ada berbagai macam teori motivasi.coba cari dulu/pilih yg sesuai dg riset anda agar indikator yg dipakai cocok dg tujuan riset. misal motivasi berprestasi dr Mc Clelland, motivasi dari abraham maslow dll.byk buku sdm dll ttg motivasi.bbrp jurnal dlm negri kdg tdk mencantumkan indidkator.jurnal internasional hrs punya password utk dpt masuk.tp utk kampus yg sdh langganan tdk perlu password bg mhs nya.

  44. Posted by hermin2008ump on Mei 17, 2012 at 12:01 pm

    ada di buku survey diagnosis organisasional.maaf gak hafal.semua ada 15 pertanyaan

  45. Posted by nanaswriter on Mei 24, 2012 at 1:23 am

    trims 4 infonya ya

  46. Posted by surya on Mei 31, 2012 at 5:46 am

    pak bisa minta tolong kalau indikator untuk kinerja karyawan apa2 aja yah…judul skripsi saya pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan pada sempoa sip

    tolong pak indikator tuk buat kuesioner kinerja karyawan apa2 aja yah pak

  47. Posted by fachri on Mei 31, 2012 at 2:54 pm

    ass pak, indikator variabel lingkungan kerja non fisik apa aja ya?? dan kalau bisa saya minta tolong untuk diberikan contoh contoh kuisioner tentang lingkungan kerja fisik maupun non fisik.email saya davidbechkam_87@yahoo.co.id

  48. Posted by bayu on Juni 26, 2012 at 1:04 am

    fasilitas kerja apakah termasuk indikator dari lingkungan kerja ? sumbernya menurut siapa ? terima kasih,,

  49. Posted by malaikat langit on September 8, 2012 at 1:45 pm

    pak.., saya sedang tugas akhir tetapi saya kekurangan teori untuk mndapatkan indikator untuk dijadikan kuesioner, mohon bantuannya pak
    judul saya pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan.

  50. Posted by cente on November 1, 2012 at 4:36 pm

    mau minta indikator utk'; kualitas SDM, fasilitas dan komitmen trimakasih sebelumnya

  51. Posted by hermin2008ump on November 20, 2012 at 7:18 am

    indikator kinerja coba cari dijurnal2 SDM.motivasi tergantung pakai teori siapa.di buku byk.maaf gak sempat nulis di sini.jadi file blm ada.thx sdh care.

  52. Posted by hermin2008ump on November 20, 2012 at 7:21 am

    lingk kerja fisik : tata ruang,suara/music,penerangan,udara dll.dari item ini mudah dibuat kuesioner.yg non fisik apa tdk sama dg iklim organisisasi ya? iklim orgs setahu saya tdk terlalu byk yg meneliti.

  53. Posted by hermin2008ump on November 20, 2012 at 7:25 am

    kompensasi finansisal (gaji) ? yg pas saya juga belum dpt.kalo cuma dr skripsi, ada tp bkn file.kpn2 jk gak sibuk,coba sy tulis di sini (yg dr skripsi anak2).thx cdh care

  54. Posted by hermin2008ump on November 20, 2012 at 7:31 am

    maksud kualitas sdm apa ya ? maksud fasilitas = lingk kerja ? komitmen pakai teorinya siapa ? maaf pembaca, belum sempat nulis byk ttg indikator dll.thx sdh care.smg bermanfaat.

  55. Posted by hermin2008ump on November 20, 2012 at 7:32 am

    saya belum dpt sumbernya.tp msl yg dimaksud adalah fasilitas fisik, mungkin benar.thx sh care.smg bermanfaat

  56. pak, saya sempat baca di post universitas jambi yang membahas teori LMX (leader member exchange) menggunakan buku pak fuad.. mau tanya buku pak fuad tersebut apa memang benar ada topik mengenai teori LMX?? oya bisa minta tolong saran buku untuk referensi teori leader member exchange ya pak? saya kesulitan sekali mencari teks books mengenai teori LMX ini, mohon bantuannya, suwun

  57. Posted by sugiantoro on Desember 19, 2012 at 12:37 am

    pak minta tlng..saya lagi cari indikator pengaruh motivasi kerja terhadap prestasi kerja pegawai… mksih…klo bsa d e-mail ya pak…

  58. Posted by hermin2008ump on Januari 10, 2013 at 4:53 am

    kalo teori LMX sy blm menemukan bukunya.kalo kuesionernya di buku tsb ada 3 macam.halm 200 an.saran : coba gogling di jurnal internasional sj kalo punya passwordnya.

  59. Posted by hermin2008ump on Januari 10, 2013 at 4:56 am

    file tdk punya.motivasi mau pakai teorinya siapa ? coba sesuaikan dg masalah yg ada pd objek riset anda.prestasi kerja kadang umumnya disamakan dg kinerja.coba perbanyak bacaan/referensi pendukungnya agar semakin mantap dan yakin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: